Ketika PEMILU berakhir

Ketika PEMILU berakhir..

mungkin lu akan kembali dalam kehidupan lu sehari hari yang membosankan itu
kerja, kumpul sama teman teman dan keluarga

Supir angkot tetap bekerja pagi pagi dan pulang subuh tanpa bisa bermain bersama anaknya yang sudah terlelap tidur

tukang becak yang tertidur menunggu penumpang yang tidak kunjung datang

pengamen yang bernyanyi di bus namun dicuekin sama penumpangnya yang tertidur karena kecapean

commuters yang terpaksa terlambat kekantor karena menunggu kereta yang mogok

berita tentang korupsi dan kekerasan terus ada di tv serta anak anak SMP dan SMA yang berantem terus dijalan

atau mungkin pengendara motor yang mobil yang stress karena terjebak kemacetan

dan kehidupan elu tidak berubah sama sekali, bahkan tambah buruk

tapi…..

kita nggak akan pernah tahu dimasa depan, ketika pemilu berakhir

Pajak yang lu bayar akan dipakai untuk benerin jalan dan bangun sekolah

supir angkot yang pergi pagi dan pulang malam itu jadi wirausahawan karena ikut pelatihan ketenagakerjaan dan dia bisa meluangkan waktu bersama keluarganya

tukang becak yang tertidur dibecaknya itu memutuskan untuk kembali ke desa dan jadi petani sukses setelah dapat suntikan modal

pengamen itu memutuskan untuk ikut lomba Indonesia mencari talenta dan menang,

kereta ditambah dan commuters bisa pagi pagi masuk kerja dan naik gaji tentunya..

Televisi penuh dengan berita tentang pembangunan dan kebaikan
dan juga jalanan lancar karena ada regulasi yang mengatur pembatasan kendaraan atau regulasi lainnya..

yah kita gak akan pernah tahu, kalau yang kita pilih itu akan bisa mengatur negara kita dengan baik..

yang penting, jangan sampai elu sendiri kehilangan semangat dan harapan,. sebab kalau elu kehilangan itu, kita nggak akan pernah melihat perubahan didalam kehidupan kita sendiri dan negara kita..

pilihlah wakil rakyat yang punya visi dan misi serta bisa dipercaya..dan lu sendiri juga harus punya semangat dan harapan buat Indonesia yang lebih baik.. bisa dong

Sedikit pencerahan dari neraka..
Chimera
menjelang PEMILU Legislatif
08/04/14

Sang tomat telah mati

 

Di negeri tomato yang amat makmur dan berpendapatan per kapita 5000 daun tomat.. hiduplah sang idola, yang bernama sang tomat, sang tomat bisa apa saja, akting, bernyanyi, kaya punya cewe banyak, dll

Suatu hari, sang tomat sedang jalan2 mengendarai mobil merk Toyomat keluaran terbaru, sang tomat melihat seorang yang mati karena kecelakaan di pinggir jalan. Badannya hancur. Seluruh isi tubuhnya keluar semua.

Pulangnya, ia berpikir..apa sih aku ini? Seperti apa sih badanku ini? Lalu bagaimana rasanya mati? Aku sudah merasakan semua yang indah didunia ini, tapi kenapa aku merasa kosong? Kok semua yang aku punyai tidak bisa aku miliki selamanya?

Semalaman ia berpikir sambil tiduran di ranjangnya yang berwarna merah tomat.

Lalu ia melihat foto foto keluarganya, mereka meninggal semua karena kebakaran yang terjadi di rumahnya.. dan meninggalkan ia sendirian, walaupun ia sudah berhasil dalam kehidupannya, ia tetap merasa tidak puas

Hari demi hari ia jalani dengan penuh kesepian, walau ia ditemani oleh pacarnya yang cantik juga mantan miss tomato world pun ia merasa tidak tenang. Obat obatan terlarang mulai ia konsumsi. Membuat ia semakin tidak sadar dan ingin merasakan kematian..

Ah, mungkin jalan satu2nya aku harus mati lalu ia melihat teras apartemennya

Dengan menghela nafas panjang, sang tomat menutup matanya dan pelan pelan kakinya menapak menuj ke teras di apartemennya, lalu pelan pelan. Badannya melayang jatuh dan..BUKK.. isi tubuhnya berserakan dijalan, kepalanya pecah.. giginya rusak lalu pelan2 kesadarannya memudar bersamaan dengan rusaknya badan sang tomat.

Lalu tiba2 terdengar suara. “pak, ini tomatnya kok udah rusak ya?” kata iyem sambil mengambil sang tomat dari lantai, ya udah, buang aja mbak,

ya udah, tomat yang kemarin dimasak saja tidak seperti ini.¨
lalu badan hancurnya sang tomat di buang ke tong sampah dan suasana di pasar berlangsung seperti biasa.

 

moral of the story ?? there is no moral of the story!!!just tomato’s life!!

 

 

Cinta Dalam Sepotong Lumpia

berikut cerita yang menarik mengenai lumpia yang sudah saya posting di Twitter dengan hashtag #cintadalamsepotonglumpia

silahkan menikmati🙂

===================

Sedikit kisah cinta yang unik dan didasarkan oleh kisah nyata pembuat dan penemu lumpia semarang

Pada abad ke 19 – seorang pendatang dari Fukien, Tjoa Thay Joe mulai berjualan Lumpia di Semarang, Dengan keahliannya ia meracik dadar gulung dengan isi daging babi dan rebung yang disebut dengan lumpia sekarang

Tjoa Thay Joe rajin berdagang, setiap ada pasar malam di Olimpia park, Semarang yang diadakan oleh Pemerintah Hindia Belanda di tahun 1917.

ternyata ia tak sendiri, saat ia berdagang, ternyata ada seorang gadis yang bernama Mbok Wasi yang menjadi saingannya
Mbok Wasi, seorang wanita Semarang asli, yang berjualan lumpia dengan cita rasa Jawa yang manis, dengan isi telur, udang, rebung, wortel, dan sayuran lain.

Persaingan ini sangat keras, sehingga mereka saling meningkatkan mutu menu dagangan mereka

Pokoknya kalau Engkoh Tjoa jual 10 Lumpia , Mbok Wasi mesti jual 20 Lumpia setiap malam
Lantaran sering bersaing, mulai timbul cinta di hati Engkoh Tjoa, karena setiap hari pikirannya hanya ada pada mbok Wasi

Tidak disangka, pada suatu ketika Engkoh Tjoa datang ke tempat Mbok Wasi, dan kemudian melamarnya
Bermula dari saling bersaing, kedua orang itu malah akhirnya menikah (inilah “cinta lantaran bersaing”)

Mereka menikah dan membuat resep baru lunpia perpaduan dua resep asli Hokkian dengan resep lokal Semarang.

Resep baru itu meninggalkan daging babi, kol dan wortel. Yang dipakai tinggal rebung, telur, udang ditambah ikan kering (pihi), resep ini dibuat supaya kaum Bumiputera Semarang saat itu bisa menikmati Lumpia Tjoa -Wasi

Cinta mengawali kisah sukses Lunpia Semarang, perpaduan Limpia Hokkien dan Semarang yakni . “Loenpia Tjoa-Wasih”
Lumpia yang dijajakan dengan gerobak dorong selalu dinanti oleh penggemarnya saat itu.

Sampai pada akhirnya pada tahun 1930 Tjoa Thay Joe tutup usia.
Dia mewariskan resep cintanya kepada putri tunggal Tjoa Po Nio dan menantunya Siem Gwan Sing.

Mbok Wasi mengawasi anak dan menantunya mejalankan bisnis lumpia.

Hingga tahun 1956, Mbok Wasi menyusul suaminya pada usianya yang ke-90 tahun

“Loenpia Tjoa-Wasih” adalah resep lunpia tertua di Semarang yang sekarang dikenal dengan Lunpia Gang Pinggir.
Sampai pada generasi kedua, resep lunpia Thay Joe-Wasih masih tetap sama. di tangan cucu-cucu Thay Joe, resep ini mengalami pengembangan.

Saat ini lunpia paling terkenal dan tertua di Semarang adalah lunpia buatan salah satu kios Jalan Gang Lombok 11.
Purnomo Usodo alias Siem Swie Kiem (70), telah mematenkan lunpianya dengan nama Lunpia Semarang Gang Lombok di tahun 1996.

sama dengan Gang Lombok Lunpia Mbak Lien ditambahi irisan ayam kampung yang punya aroma khas. Pemiliknya adalah Mbak Lien alias Siem Siok Lien (45).
Jika dirunut, Lien adalah generasi keempat dari dinasti lunpia Tjoa Thay Joe-Wasi

Lien meneruskan resep yang dikembangkan ayahnya yang sedikit berbeda dengan resep asli kakek buyutnya, Thay

Ternyata, persaingan usaha yang berbuah cinta telah melahirkan resep canggih Lumpia Semarang
Kalau kita bisa hidup bersama dalam perbedaan, akan timbul kreatifitas yang melahirkan ciri khas sebuah bangsa

Sumber :
http://halosemarang.com/kuliner/lumpia-semarang-kisah-sukses-jajanan-pendatang-1/

sumber foto :

http://heruwidagdo.blogspot.com/2009/01/lumpia-semarang.html

PS :buat harga.. keknya kisaran 10 rebuan deh..

Menepis Bola Kebodohan

Versi Edit dari Episode Refleksi “menepis bola kebodohan” perjuangan pak haji Otong Suryana, dari seorang anak jalanan, menjadi Sarjana Hukum dan akhirnya mendirikan rumah singgah anak jalanan di Kramat Jati, salah satu pekerjaan beliau adalah sebagai pelatih sepakbola untuk anak jalanan.

 

 

 

Violence in every action we do

do you notice that in reality we tend to do more violent manners to other people we know or we dont know
either we tend to do it or not, we act violently in words or in our own action or gesture..

recently, i had some conversation with my friends, whether its man or woman , they always have this troubled communications with their partner.

lets say .. Abdul (Not a real name) always got bullied by his wife, because Abdul is not a rich guy, his wife always compare him with other man.. his wife said ” your Friend got this, why you dont? ” , she have this narrow mind also. she might look soft on the outside but sometimes violent inside
the problems continued even in the telephone conversation, his wife always got this negative thinking about Abdul got another lover,

in fact, Abdul is a loyal guy and he is religious also, and he said, even that his religion permit a marriage with more than 1 woman, he dont agree with it
“one woman enough to make your life in misery” he once told me

one day, i asked him, why he let his wife do something like this to him
“hen” he said to me , if you love someone, you have to like his / her just the way it is.. so thats make my relationship longer.

however, he said. being silent and accepting the violent thing does not mean you are lame or easily abused
sometime, i do tell my wife in a decent and soft manner that by doing such things doesnt make you feel happy, someday, other person will do the same thing to you.

the wifey, sadly, dont appriciate her good husband and continue to do the same way..
and i dont know how long this violent manners will continue..and i dont know whether Abdul can take this anymore and decide to leave her.

in other way, Kasim (not the real name) whose relationship are more colourful to me, he always jokes, talk everything in free with his wife.
even he talks anythings to his wife, and the receptions are quite wonderful.. she dont mind at all..
its nice to see the relationship and communication that working like that..

violence , in a word or action often happens to the person that have this sick and narrow mind. maybe its in the genetical way of the family or maybe he or she have a traumatical problems with the past.

i also have friends that got bullied with their parents, that makes them a negative persons, a person that tend to look the dark side of life.
sadly, the one that hurt us the most, is the one close to us.. its a fact, isnt it?

we often look a different ways to others, there’s one articles my friend from USA send to me, if there’s 15 years old girl hug her 1 year son, our mind is like thinking negative to her, that she is a (sorry) Whore or she is wild… does anyone know that she had her son because she had been raped by her uncle or even her friends?
and our judgement makes things worse than usual..

from TV, newspaper Gossips, News, everywhere.. even in our house, violence happens.
its really comes from the mind, sick mind, narrow mind, negative mind, angry mind..
but at the end… is that really matters? is that neccesary?
the answer is yours to make🙂

Yasmin Ahmad’s Films

I Was an admirer for Yasmin Ahmad’s PSA, the deep humanity aspect of it touches many person across the world, one of my Fav are Yasmin Ahmad’s Chinese New Year’s PSA on 2006, about a group of old ladies at nursing home bluff about their successful children, their salaries, professional jobs but in the end, not one of them visit them except one grandma’s son picked her up for a walk, the story really touches me.

this book give a glimpse of Yasmin Ahmad’s Work including her 12 Commercials, 6 Feature Films and 2 Internet Shorts, the review written by Amir Muhammad, her friend and admirer gives me a deep look into Malaysian’s rainbow , including pluralism, humanism and a sweet aspect of life. a 223 pages that the writer work within a month and after he looked all of her feature films.

Yasmin Ahmad passed away on July 2009 after 2 days struggling against sudden stroke that leave her in coma.
i believe, this news also broke many people’s heart, including me that time, and when the news of this man… the writer of this book came to Jakarta, makes me come out rushing from office to the event in Blitz Megaplex only to find out that the film already begun, and the cinema door already closed ..😦
later on, the writer gave me this book on free.. i think because he saw me exhausted after running for 30 minutes from Bunderan HI, thanks for the book, mr Amir Muhammad.. 🙂

recommended books for all copywriter’s, Filmmakers, Producers and Directors that want to know about this marvelous works of Yasmin Ahmad.

Cheers

Sang tomat telah mati

Di negeri tomato yang amat makmur dan berpendapatan per kapita 5000 daun tomat.. hiduplah sang idola, yang bernama sang tomat,
sang tomat bisa apa saja, akting, bernyanyi, kaya punya cewe banyak, dll

Suatu hari, sang tomat sedang jalan2 mengendarai mobil merk Toyomat keluaran terbaru, sang tomat melihat seorang yang mati karena kecelakaan di pinggir jalan. Badannya hancur. Seluruh isi tubuhnya keluar semua.

Pulangnya, ia berpikir..apa sih aku ini? Seperti apa sih badanku ini? Lalu bagaimana rasanya mati? Aku sudah merasakan semua yang indah didunia ini, tapi kenapa aku merasa kosong? Kok semua yang aku punyai tidak bisa aku miliki selamanya?

Semalaman ia berpikir sambil tiduran di ranjangnya yang berwarna merah tomat.

Lalu ia melihat foto foto keluarganya, mereka meninggal semua karena kebakaran yang terjadi di rumahnya.. dan meninggalkan ia sendirian, walaupun ia sudah berhasil dalam kehidupannya, ia tetap merasa tidak puas

Hari demi hari ia jalani dengan penuh kesepian, walau ia ditemani oleh pacarnya yang cantik juga mantan miss tomato world pun ia merasa tidak tenang. Obat obatan terlarang mulai ia konsumsi. Membuat ia semakin tidak sadar dan ingin merasakan kematian..

“Ah, mungkin jalan satu2nya aku harus mati” pikirnya,
lalu ia melihat teras apartemennya

Dengan menghela nafas panjang, sang tomat menutup matanya dan pelan pelan kakinya menapak menuju ke teras di apartemennya, lalu dengan K. Badannya melayang jatuh dan..BUKK.. isi tubuhnya berserakan dijalan, kepalanya pecah.. giginya rusak lalu pelan2 kesadarannya memudar bersamaan dengan rusaknya badan sang tomat.

Lalu tiba2 terdengar suara, “pak, ini tomatnya kok udah rusak ya?” kata iyem sambil mengambil sang tomat dari lantai, “ya udah, buang aja mbak”, jawab si abang tukang sayur.

“ya udah, tomat yang kemarin dimasak saja tidak seperti ini,” sungut si Iyem, lalu badan hancurnya sang tomat di buang ke tong sampah
dan suasana di pasar berlangsung seperti biasa.

moral of the story ?? there is no moral of the story!!!
just tomato’s life!!

Sedikit pencerahan dari neraka

Chimera